Rumus Excel SUM, teladan dan Tutorial Menjumlahkan di Excel memakai Fungsi SUM

Rumus Excel SUM - Bagaimana Tutorial menjumlahkan di excel? Tutorial menjumlah di excel yang umum dipakai yaitu dengan menggunakan Fungsi SUM.
Apa itu SUM dalam Excel?
Pada tutorial ini, Anda akan mempelajari ihwal pengertian SUM, Tutorial menggunakan fungsi SUM, Beberapa rujukan penggunaan rumus SUM, serta hal-hal yang perlu Anda perhatikan dikala menggunakan rumus SUM pada office Excel.
Pengertian Fungsi SUM Excel
Sebelum terlalu jauh mari kita pelajari pengertian fungsi Excel SUM terlebih dahulu.
Fungsi SUM adalah fungsi excel yang digunakan untuk melaksanakan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen.
Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel ialah untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.
Cara menghitung jumlah di excel dengan rumus SUM mampu berbentuk range, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain.
Fungsi ini merupakan salah satu fungsi excel yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh setiap pengguna microsoft Excel.
Lalu bagaimana Cara menggunakan fungsi/rumus SUM excel untuk menjumlahkan angka yang kita tentukan?
Cara menggunakan Fungsi
Bagaimana langkah langkah untuk menghitung jumlah data dengan fungsi sum pada microsoft excel?
Fungsi sum pada microsoft excel digunakan untuk menjumlahkan angka. Tutorial menggunakan fungsi sum untuk melaksanakan penjumlahan di excel ialah sebagai berikut:
SUM(angka1;[angka2];...)
Keterangan Sintaksis fungsi SUM Excel
- SUM
- Nama fungsi excel untuk menjumlahkan di excel
- angka1
- Argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
- angka2
- (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal sampai 255 Argument
Contoh Rumus SUM Excel
Silahkan perhatikan beberapa contoh fungsi SUM di excel berikut ini :
Contoh Rumus SUM Excel 1

Pada pola pertama diatas rumus sum yang dipakai pada cell C3 ialah:
=SUM(A2;A3;A4;A5;A6)
Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai pada sel A2, A3, A4, A5 dan A6. kesudahannya yaitu 360.
Selain memakai rumus diatas, Anda juga sanggup menjumlahkan range A2:A6 seakan-akan diatas dengan rumus SUM seolah-olah ini:
=SUM(A2:A6)
Rumus excel diatas menjumlahkan setiap nilai sel pada range A2:A6. karenanya ialah 360.
Pada rumus sum pertama kita menggunakan setiap referensi cell sebagai argumen fungsi SUM. Sedangkan pada rumus kedua kita menggunakan argument berbentuk referensi Range.
Contoh Rumus SUM Excel 2

Pada referensi ke-2 ini rumus sum digunakan untuk melaksanakan penjumlahan range yang berbeda kolom.
=SUM(A2:A6;B2:B6)
Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai sel yang ada di dua range berbeda ialah A2:A6 dan B2:B6. jadinya yaitu 710.
Jika range-range yang berbeda ini tidak terpisah oleh kolom lain anda juga mampu melaksanakan penjumlahan dengan rumus seakan-akan ini:
=SUM(A2:B6)
Rumus diatas melakukan penjumlahan setiap nilai sel yang ada range A2:B6. balasannya dalah 710.
Contoh Rumus SUM Excel 3
Selain melaksanakan penjumlahan nilai angka pada sebuah sel atau range data. Fungsi SUM juga mampu dipakai untuk menjumlahkan nilai dari hasil fungsi atau rumus excel yang lain.

Pada Cell D3 di atas, rumus excel yang digunakan ialah:
=SUM(MAX(A2:A6);MAX(B2:B6))
Pada rumus excel diatas Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai maksimal (Tertinggi) pada range A2:A6 dengan nilai maksimal (Tertinggi) pada range B2:B6. balasannya ialah 200+100 = 300
Pada rumus kedua pada cell D4, rumusnya:
=SUM(MIN(A2:A6);MIN(B2:B6))
Pada rumus diatas Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sebuah sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai minimal(terendah) pada range A2:A6 dengan minimal(terendah) pada range B2:B6. kesudahannya ialah 25:50 = 75
Catatan Dalam menggunakan Fungsi SUM
Saat menggunakan fungsi SUM pada sebuah rumus excel, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
Jika argumen pada fungsi SUM ialah array atau referensi sel/range, hanya nilai angka di dalam array atau tumpuan itu yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, atau teks dalam array atau referensi diabaikan.
Perhatikan tumpuan rumus fungsi SUM berikut:

Jika argumen ialah nilai kesalahan, atau sebuah teks yang tidak sanggup diterjemahkan menjadi angka, Microsoft Excel akan menampilkan pesan error.

Bagaimana kalau menghendaki menjumlahkan data dengan kriteria atau syarat tertentu?
Demikian pembahasan Tutorial menggunakan fungsi SUM Excel kali ini. semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar