Rumus OR Excel, acuan dan Tutorial menggunakan Fungsi OR Pada Microsoft Excel

Cara menggunakan Fungsi/Rumus logika OR Excel

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?

Pada microsoft excel, Fungsi OR juga termasuk kedalam kategori fungsi nalar seolah-olah . Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga menghasilkan nilai True atau False.

Apa dan bagaimana manfaat atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.


Pengertian Fungsi OR Excel


Fungsi OR yaitu Fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE kalau salah satu argumennya bernilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Jadi dalam hal menghasilkan nilai logika True atau False, Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.

Saat memakai rumus OR, nilai logika TRUE akan dihasilkan bila salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan bila semua kondisi tidak terpenuhi.

UJI logikaHASIL RUMUS OR
Semua kondisi bernilai TRUETRUE
Semua kondisi bernilai FALSEFALSE
Salah satu/lebih kondisi bernilai TRUETRUE

Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah syarat atau kondisi nilai untuk menghasilkan nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.

Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya ihwal nilai logika TRUE atau FALSE yang akan dihasilkan oleh fungsi OR Excel ketika membandingkan argumen-argumennya:

Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi penilaian


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 kondisi penilaian.

Fungsi OR 2 Kondisi

Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi penilaian


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 kondisi evaluasi.

Fungsi OR 3 Kondisi

Fungsi AND hanya akan menghasilkan nilai logika TRUE kalau semua kondisi TRUE, sedangkan pada fungsi OR hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE bilalau semua kondisi FALSE.

Pembahasan lebih detail tantang perbedaan fungsi atau rumus AND dan OR ini bisa anda baca pada halaman berikut:

Cara menggunakan Rumus OR Excel


Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel ialah sebagai berikut:

OR(Logika1; [Logika2]; ...)

Argumen Fungsi OR:
Logika1
Kondisi pertama yang ingin kita uji yang akan dievalusi ke TRUE atau FALSE.
Logika2; ...
(Opsional) Kondisi komplemen yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.

Setiap argumen pada fungsi OR harus mengevaluasi terhadap nilai nalar(TRUE/FALSE), atau berupa array serta tumpuan sel yang berisi nilai logika (TRUE/FALSE).

Contoh Rumus OR Excel


Berikut beberapa teladan dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.

Contoh Rumus OR Excel 1


perhatikan pola sederehana rumus OR Excel berikut:

Contoh Rumus OR Excel

Pada contoh nomor 6 (cell C7), rumus excel OR yang dipakai:

=OR(10>5;10>15;10>20)

Evaluasi rumus diatas ialah:

=OR(TRUE;FALSE;FALSE)

Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menghasilkan nilai nalar TRUE, alasannya fungsi OR hanya akan meghasilkan nilai logika False jika hasil uji logika semua argument mengevaluasi ke False.

Contoh Rumus OR Excel 2


Selanjutnya perhatikan juga rujukan rumus OR pada excel berikut:

Contoh Rumus Excel OR

Pada teladan diatas rumus excel pada sel D2 yaitu:

=OR(A2>70;B2>70)

Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seakan-akan ini:

Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?

Evalusi rumus diatas ialah:

=OR(TRUE;FALSE)

Dan akibatnya ialah TRUE, alasannya salah satu argumentnya bernilai TRUE.

Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF


Pada pola berikut, fungsi OR dipakai sebagai salah satu argument pada fungsi IF Excel.

Contoh Rumus IF-OR

=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")

Pada teladan diatas, Fungsi OR digunakan untuk menentukan nilai balasan dari fungsi IF.

Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF campuran.

Cara semacam ini tentunya lebih efisien kalau dibandingkan dengan menggunakan rumus iF bertingkat untuk menghasilkan nilai yang sama untuk beberapa kondisi.

Pada rumus pertama jikalau diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan seolah-olah ini:

Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? kalau YA maka tulis Lulus, bila TIDAK maka tulis Tidak lulus.

Pada pola ini jikalau salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menghasilkan teks "Lulus".

Seperti yang telah anda pelajari dari referensi rumus OR di atas seringkali anda akan membutuhkan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.

Pada prakteknya anda harus benar-benar jeli untuk memutuskan kapan harus menggunakan fungsi AND dan kapan harus memakai fungsi atau rumus OR excel ini.

Penjelasan lebih lengkap ihwal fungsi IF gabungan dengan fungsi AND atau OR (IF-OR, IF-AND, IF-OR-AND atau IF-AND-OR) mampu anda pelajari pada halaman berikut: Rumus Excel adonan Fungsi IF dengan fungsi OR dan AND

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Add-In Fungsi Terbilang Excel Indonesia dan Inggris

Panduan VBA Excel: VBE (Visual Basic Editor) Excel #02

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel