4 Cara Praktis menciptakan Nomor Urut "Otomatis" Dengan Microsoft Excel

Cara membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Microsoft Excel

Cara membuat nomor urut di Excel - saat kita membuat sebuah tabel data, menciptakan nomor urut ialah sesuatu yang lazim kita lakukan. Untuk menciptakan nomor urut mampu kita lakukan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.

Cara membuat nomor urut seakan-akan ini tentu sangat Mudah, namun bagaimana kalaulau tabel data yang kita buat mempunyai ribuan baris atau record?

Ada banyak Tutorial lain selain mengetikkan angka satu persatu secara manual seakan-akan keterangan diatas. Pada artikel tutorial excel kali ini kami akan membahas beberapa Tutorial lain yang mampu kita lakukan untuk membuat penomoran otomatis pada microsoft excel.

Setidaknya ada 4 Tutorial yang bisa kita lakukan untuk membuat penomoran pada microsoft Excel. Berikut beberapa Cara yang mampu kita lakukan untuk membuat penomoran otomatis.


1. membuat Nomor Urut Manual


Membuat Nomor Urut Excel Secara Manual

Cara membuat penomoran yang pertama yaitu dengan Tutorial hidanganliskan urutan angka satu persatu secara manual. Mengetikkan angka secara manual seperti ini mampu dibilang Tutorial yang paling dasar dan simpel. Namun demikian Tutorial ini termasuk Tutorial yang sering saya hindari. kenapa? coba bayangkan saja bila nomor urut data yang kita buat berjumlah ribuan.

Cara membuat nomor urut secara manual semacam ini sebaiknya anda tinggalkan. Alternatifnya yaitu Tutorial kedua dibawah ini.

2. membuat Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel


Membuat Nomor Urut Otomatis Excel Dengan AutoFill

Cara kedua ialah dengan menggunakan fitur autofill pada microsoft excel. membuat nomor urut otomatis dengan memanfaatkan fitur autofill excel ini cukup praktis. Kita cukup menciptakan satu dua nomor sebagai awalan kemudian kita cukup dragging ke bawah atau ke arah yang kita kehendaki.

Cara seolah-olah ini merupakan Tutorial yang sering dipakai oleh pengguna excel dalam membuat penomoran otomatis pada microsoft excel. Untuk langkah-langkah detailnya sudah kami bahas pada artikel tutorial excel terdahulu dengan judul "Belajar memakai Auto Fill Data pada Microsoft Excel".

Menggunakan autofill excel sangat efektif jikalau nomor urut yang kita buat hanya berkisar puluhan atau ratusan. Jika jumlah data yang akan kita beri nomor urut ribuan, hidanganrut admin Cara ini kurang efektif.

Masih adakah Tutorial lainnya? ya, bila anda bermaksud menciptakan nomor urut berjumlah ribuan gunakan Tutorial nomor tiga.


Jika record atau baris tabel data yang akan kita buat berjumlah ribuan aku sarankan menggunakan Tutorial ini untuk menciptakan penomoran otomatis.

Lalu bagaimana langkah-langkah membuat penomoran otomatis dengan sajian fill excel ini? ikuti Cara membuat penomoran otomatis dengan hidangan fill berikut:
  1. Tuliskan secara manual nomor awal (pertama) penomoran yang akan kita buat. Dalam pola ini admin hidanganliskan angka 1 (satu) pada cell A2. Kemudian Pilih/ Select cell A2 tersbut.

    Membuat nomor urut otomatis dengan menu FILL
  2. Pilih Tab Home--Group Editing--Fill--Series... seakan-akan gambar berikut

    Membuat nomor urut otomatis dengan sajian FILL
  3. Muncul Option Box Series
  4. Jika penomoran otomatis yang akan kita buat ke arah bawah atau dalam satu kolom maka pilihlah Columns. Sebalikanya pilihlah Rows bila penomoran yang akan kita buat ke arah kanan. Pada teladan ini saya pilih Columns.
  5. Pada potongan type pilihlah Linear
  6. Pada serpihan Step Value isilah penambahan pada setiap urutan penomoran. Defaultnya ialah 1.
  7. Pada serpihan Stop Value isilah nomor terakhir yang kita kehendaki acuannya 1000.
  8. Klik OK dan lihat hasilnya.

    Membuat nomor urut otomatis dengan hidangan FILL

Dengan Tutorial ini membuat penomoran sammpai ribuan atau jutaan tentu sangatlah simpel. Tentunya lebih efektif daripada memakai autofill seperti Cara kedua.

Ehh sudah tahu berapa jumlah kolom dan baris maksimal Microsoft Office? Jangan sampai salah mengisi Stop value melebihi batasan kemampuan Excel. Baca Artikel "Spesifikasi dan Batasan Microsoft Excel" untuk mengetahuinya.

Jika nomor urut yang kita kehendaki menurut syarat atau kriteria tertentu bagaimana Cara menciptakannya? Ikuti Tutorial selanjutnya.

4. membuat Penomoran Otomatis Dengan Rumus Excel


Selain dengan ketiga Tutorial diatas masih ada Tutorial lain untuk membuat penomoran otomatis pada microsft excel. Cara keempat ini yaitu dengan menggunakan rumus-rumus excel.

Rumus excel yang sering digunakan untuk penomoran otomatis antara lain fungsi IF, COUNT, COUNTA, ROW dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Fungsi-fungsi Excel ini sanggup digunakan untuk menciptakan sebuah rumus excel untuk menciptakan penomoran otomatis berdasarkan kriteria tertentu. polanya nomor pada kolom A akan muncul kalau kolom B ada isinya.

Nomor urut otomatis dengan rumus excel

Sebagai teladan masukkan rumus excel berikut pada cell A2:

=IF(B2="";"";ROW()-1)

Kemudian copy-paste rumus tersebut ke sel-sel lain dibawahnya.

Dengan rumus diatas maka kolom A akan otomatis terisi nomor urut jika pada kolom B ada isi atau kita tuliskan data tertentu, misal nama seseorang pada referensi diatas.

Khusus untuk penomoran dengan rumus excel ini, mengingat beragamnya kebutuhan admin bahas tersendiri pada artikel berikut: Rumus membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Barangkali anda punya perkara dengan penomoran otomatis excel ini. hinggakan dikolom komentar pada serpihan bawah artikel ini. Lain waktu akan saya buatkan tutorialnya.

Akhirnya Tutorial membuat nomor otomatis yang mana yang anda pilih? Atau sahabat punya alternatif lain? Beritahu saya kalau ada. admin juga masih berguru sob ...


Jangan lupa simpan atau bagikan halaman ini. Makara sewaktu-waktu anda lupa mampu segera membuka kembali tutorial excel ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Add-In Fungsi Terbilang Excel Indonesia dan Inggris

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel

Panduan VBA Excel: VBE (Visual Basic Editor) Excel #02