Rumus EXACT Excel : Cara menggunakan Fungsi Exact Pada Microsoft Excel

Fungsi EXACT Excel
Pernahkah anda bermaksud mencocokan data di excel? kemudian anda ingin dua buah teks yang anda bandingkan peka terhadap perbedaan karakter huruf besar dan kecil.
Jika iya, maka cobalah menggunakan fungsi EXACT pada rumus excel yang anda gunakan.
Pada microsoft excel fungsi atau rumus exact tergolong dalam kategori Fungsi Teks. Dalam sebuah rumus excel, fungsi Exact digunakan untuk mencocokkan dua buah teks secara case sensitive. Artinya fungsi ini peka terhadap perbedaan aksara besar dan kecil.
Fungsi Exact akan menghasilkan nilai logika TRUE kalau nilai teks yang dibandingkan identik atau sama persis dan sebaliknya akan menghasilkan nilai logika FALSE kalau teks yang dibandingkan tidak sama.
Sekarang bagaimana Cara memakai fungsi Exact excel ini pada sebuah rumus excel?
Cara memakai Fungsi EXACT Excel
Cara menggunakan fungsi Exact pada rumus excel mengikuti sintaksis penulisan berikut:
EXACT(Teks1; Teks2)
Argumen Teks1 pada fungsi Exact merupakan string teks pertama yang akan dibandingkan, sedangkan Teks2 ialah string teks sebagai pembanding untuk Teks1.
Fungsi Exact cocok digunakan jika anda bermaksud membandingkan setiap baris data pada 2 kolom yang berbeda di excel dengan mempertimbangkan perbedaan besar kecil abjad yang digunakan.
Jika anda bermaksud membandingkan 2 kolom data kemudian ingin mengetahui teks yang unik dan teks yang mempunyai duplikat pada kolom lainnya silahkan baca pada halaman berikut: Rumus mencari data yang sama dari dua kolom berbeda
Contoh Rumus EXACT Excel
Perhatikan beberapa teladan penggunaan rumus excel EXACT pada gambar berikut:

=EXACT(B2;C2)
Pada teladan pertama fungsi Exact dipakai untuk membandingkan nilai dari sel B2 dan C2. Kedua teks pada sel-sel yang dibandingkan cocok dan sama persis baik karakter teksnya maupun besar kecilnya karakter sehingga Rumus Exact menghasilkan nilai TRUE.
Pada teladan kedua rumus exact yang dipakai adalah:
=EXACT(B3;C3)
Nilai teks pada sel B3 ialah "Kelas", sedangkan pada sel C3 ialah "Excel". Kedua teks ini terang berbeda sehingga fungsi Exact menghasilkan nilai FALSE yang artinya kedua teks yang dibandingkan tidak sama.
Pada acuan ke-3 rumus excel pada sel D4 adalah:
=EXACT(B4;C4)
Kedua nilai teks yang dibandingkan yaitu "Buku" dan "buku". Meskipun sama-sama disusun oleh huruf B-U-K-U kedua teks ini dianggap berbeda atau tidak identik sama alasannya ialah pada karakter pertama pada teks pertama menggunakan aksara besar sedangkan pada teks kedua menggunakan huruf kecil. Oleh fungsi Exact kedua teks ini dianggap berbeda dan hasil rumusnya yaitu FALSE.
Hal yang sama juga terjadi pada teladan nomor 4, dimana ada perbedaan penggunaan huruf besar dan kecil.
Sekarang perhatikan teladan nomor 5 dan 6 pada gambar di atas.
Jika diperhatikan masing-masing teks pada sel-sel yang dibandingkan terlihat sama. namun kenapa pada acuan nomor 6 menghasilkan nilai FALSE yang artinya bahwa fungsi Exact menganggap bahwa teks yang dibandingkan atau dicocokkan pada contoh nomor 6 dianggap berbeda atau tidak sama?
Jika lebih teliti lagi pada teladan nomor 6, teks kedua bahwasanya mengandung spasi di awal teks, itulah yang menimbulkan teks yang dibandingkan pada acuan nomor 6 dianggap berbeda.
Khusus untuk kasus nomor 6, jikalau anda menghendaki menghapus spasi berlebih pada sebuah teks dengan microsoft excel anda bisa memakai fungsi TRIM Excel.
Demikian cara menggunakan fungsi exact pada microsoft excel, lain waktu akan kita sambung dengan pemanfaatan rumus exact dalam melakukan Lookup data yang case sensitive atau pekas abjad besar dn kecil.
Komentar
Posting Komentar