Rumus VLookup Dengan 2 Hasil Pencarian Atau Lebih Pada Microsoft Excel
Jika anda sudah biasa memakai Rumus VLookup dan Hlookup tentu sudah maklum bahwa Fungsi VLookup maupun HLookup hanya bisa menghasilkan 1 hasil pencarian dari sebuah tabel data, yaitu sesuai data pertama yang ditemukan oleh Fungsi VLookup atau HLookup.
Jika kita ingin mendapatkan hasil pencarian kedua, ketiga dan seterusnya atau vlookup data yang sama bagaimana rumus excelnya?
Untuk lebih memahami maksud hasil pencarian VLookup kedua, ketiga dan seterusnya silahkan perhatikan teladan gambar berikut:
Dari teladan gambar di atas, kita ingin dikala melakukan Lookup atau pencarian memakai fungsi VLookup untuk nama "Budi" Pada Tabel 1 maka setiap data dengan nama "Budi" bisa masuk ke Tabel ke-2.
Untuk pemecahan perkara soal Vlookup dengan 2 hasil semacam ini ada beberapa Cara dan rumus excel yang bisa kita gunakan.
Untuk pemecahan perkara semacam ini setidaknya ada tiga Tutorial atau rumus yang mampu kita gunakan. Cara pertama tetap memakai fungsi VLookup excel. Cara kedua yaitu dengan menggunakan rumus array campuran fungsi INDEX-IF-SMALL. Dan cara ketiga ialah dengan memanfaatkan fitur advanced filter pada microsoft excel.
Pada kesempatan ini akan kita bahas Cara pertama dan kedua saja. Adapun Cara ketiga meskipun tidak khusus membahas masalah semacam ini mampu anda pelajari pada laman berikut: Menampilkan Hasil Advanced Filter di Sheet Lain.
Selanjutnya mari kita belajar rumus excel untuk pemecahan perkara ini.
Cara Mencari Data Yang Sama di Excel Dengan VLOOKUP
Bagaimana Cara mencari data yang sama di excel dengan vlookup atau Cara menghasilkan 2 Hasil pencarian data dengan Rumus Vlookup?
Sebenarnya Fungsi VLookup tidak dapat menampilkan 2 hasil pencarian, namun dengan trik tertentu hal ini menjadi mungkin dilakukan dengan fungsi VLookup. Namun sebelum itu, tentunya syarat pertama anda harus tahu dulu bagaimana memakai fungsi VLookup pada microsoft excel.
Untuk panduan rumus excel VLookup mampu anda pelajari pada penggalan berikut: Cara menggunakan rumus excel Vlookup.
Jika ingin Vlookup menerima 2 hasil atau lebih dari pencarian data maka kita butuh untuk membuat kolom dummy atau kolom bantu.
Langkah-langkah yang perlu kita lakukan ialah sebagai berikut:
Buatlah satu kolom bantu disebelah kiri tabel pertama. Kemudian gunakan rumus excel seakan-akan berikut ini lalu copy-paste ke bawah:
=C3&COUNTIF($C$3:C3;C3)
Rumus diatas digunakan untuk menambahkan counter untuk setiap data yang ada pada kolom nama sehingga data tersebut menjadi unik/tidak ganda lagi pada kolom dummy (bantu).
Perhatikan bahwa pada fungsi countif ini kita menggunakan referensi semi adikara.
Setelah membuat kolom bantu di atas buat juga kolom bantu di sebelah kiri tabel kedua. Pada baris pertama kolom tabel tersebut masukkan rumus excel seperti dibawah ini, kemudian copy-paste ke sel lain dibawahnya sebanyak yang anda butuhkan:
=$H$2&G4
Sehingga hasilnya akan seolah-olah acuan gambar di bawah ini:
Kolom inilah yang akan kita gunakan sebagai kunci pencarian untuk fungsi VLookup.
Kebetulan pada pola ini ada kolom NO. yang bisa kita manfaatkan untuk menyusun counter nama, jika tidak ada anda mampu memanfaatkan fungsi ROW untuk mengisi kolom bantu ini. Sehingga rumus excel alternatif yang bisa anda gunakan ialah sebagi berikut:
=$H$2&ROW()-3
Atau
=$H$2&ROW(A1)
Ketiga rumus terakhir ini akan menghasilkan nilai yang sama pada kolom bantu. Kaprikornus terserah rumus yang mana yang anda pilih. intinya buat kolom bantu dengan counter 1,2,3 dan seterusnya hingga kemungkinan maksimal banyaknya data yang mungkin akan ditemukan oleh Vlookup.
Setelah dua kolom bantu di atas selesai anda buat maka tahap persiapan sudah cukup, berikutnya anda tinggal menerapkan rumus Vlookup seolah-olah biasanya.
Pada baris pertama kolom setoran gunakan rumus VLookup seakan-akan ini:
=VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE)
Kemudian kopi paste kebawah.
Jika hanya ada tiga data pada tabel maka untuk baris ke-4 dan seterusnya akan menghasilkan nilai error #NA. Untuk menghilangkan nilai error #NA ini tambahkan fungsi IFERROR pada rumus di atas sehingga hasil kesudahannya seperti berikut:
=IFERROR(VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE);"")
Untuk kolom Nama pada Tabel2, dengan sedikit penyesuaian anda mampu menggunakan rumus VLookup yang sama seperti apda pola gambar di bawah:
Untuk selanjutnya anda mampu menyembunyiikan 2 kolom bantu di atas, supaya Tabel data terlihat lebih elok.
Pada kasus Vlookup ini, bila tidak menghendaki kolom bantu, adakah Cara lainnya?
2 Hasil Pencarian Dengan Rumus INDEX-IF-SMALL Excel
Dengan Cara VLookup, anda harus memakai kolom dummy supaya untuk mendapatkan 2 hasil pencarian atau lebih. jikalau tidak menghendaki adanya kolom bantu anda bisa memakai rumus array adonan INDEX-IF-SMALL berikut ini.
=IFERROR(INDEX($D$3:$D$12;
SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2;
ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2));
ROW(A1)));"")
Akhiri penulisan rumus di atas dengan menekan Ctrl + Shift + Enter.
Tanda ... tidak ditulis manual, melainkan hasil otomatis setelah anda tekan Ctrl + Shift + Enter secara bantu-membantu sehabis menuliskan rumus di atas.
Sesuaikan Array/referensi Index rumus pada baris pertama kolom nama pada Tabel 2 seperti berikut:
=IFERROR(INDEX($C$3:$C$12;
SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2;
ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2));
ROW(A1)));"")
Penjelasan untuk rumus ini akan admin bahas lain waktu.
Sebagai penutup tutorial rumus excel kali ini, jangan ragu untuk share tutorial excel ini biar lebih banyak yang mampu mengambil manfaatnya. Salam Kelas Excel.
Komentar
Posting Komentar