Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel

Fungsi/Rumus Database Excel - Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database, namun bukan berarti excel tidak mampu digunakan untuk keperluan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default sudah menyediakan beberapa fungsi database khusus yang dapat dipergunakan untuk pengelolaan sebuah database.
Database sendiri mampu diartikan sebagai sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau hukum tertentu yang saling berelasi/terkait sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola dan menerima isu yang dibutuhkan.
Pada Office Excel database merupakan:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yang saling terkait serta telah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yang disebut sebagai Field (Bidang Data) dan baris-baris berikutnya biasa disebut sebagai Record (Rekaman data).
Membaca istilah field tentunya sudah tidak asing lagi apabila sebelumnya anda sudah membaca tutorial excel kami ihwal Pivot Table.
Setidaknya ada 12 fungsi yang dikategorikan sebagai Fungsi Database Excel atau sering juga disebut sebagai Fungsi D, fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
- Fungsi DSUM
- Fungsi DAVERAGE
- Fungsi DMAX
- Fungsi DMIN
- Fungsi DCOUNT
- Fungsi DCOUNTA
- Fungsi DGET
- Fungsi DPRODUCT
- Fungsi DSTDEV
- Fungsi DSTDEVP
- Fungsi DVAR
- Fungsi DVARP
Pada tutorial excel kali ini anda akan kami ajak untuk mencar ilmu 6 fungsi Database. Sebagian lainnya akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud ialah Fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan fungsi DCOUNTA.
Cara memakai Fungsi Database Excel
Secara umum Tutorial memakai fungsi database excel ini sama yakni memakai sintaksis berikut:
NAMA_FUNGSI(Database; Field; Kriteria)
Yang membedakan hanyalah nama fungsi yang akan dipakai untuk mendapatkan hasil tertentu sesuai dengan fungsinya. Kegunaan masing-masing fungsi excel ini akan dijelaskan lebih lanjut pada cuilan selanjutnya.
Keterangan Syntax Fungsi Database
Seperti yang mampu anda baca pada Cara penggunaan di atas, fungsi Database menggunakan 3 argumen: Database, Field dan Kriteria.
- Database: Merupakan range data atau rentang sel yang membentuk sebuah daftar atau database tertentu yang akan kita agregasi risikonya.
- Field: memperlihatkan Field atau kolom mana yang akan di agregasi atau digunakan oleh fungsi database ini. Argumen ini bisa kita isi dengan Label atau nama field, bisa juga anda isi dengan angka tertentu yang menunjukkan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misal angka 1 menunjukkan kolom atau field pertama dan angka 2 memperlihatkan field atau kolom kedua dalam Database.
- Kriteria: ialah rentang sel atau range data lain yang berisi kriteria atau syarat tertentu yang Anda tentukan sebagai referensi agregasi dalam fungsi database. Kriteria ini setidaknya memuat 2 baris data dimana baris pertama berisi Label data yang sama persis dengan Label field pada database dan baris-baris berikutnya merupakan referensi kriteria, syarat atau kondisi tertentu yang akan kita terapkan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan untuk membahas contoh dan Tutorial menggunakan masing-masing fungsi Database excel yang sudah aku sebutkan sebelumnya.
Namun sebelum itu perhatikan bahwa dalam pembahasan di bawah ini kami menggunakan sumber database sebagai berikut. Untuk itu sebaiknya anda juga ikut membuat sample file seperti dibawah ini:

Fungsi DSUM Excel
Fungsi atau Rumus DSUM dipakai untuk mendapatkan jumlah data pada sebuah field database yang memenuhi kriteria tertentu. Secara umum fungsi DSUM kegunaanya identik dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS yang sudah pernah kita bahas sebelumnya dan sedikit berbeda dengan fungsi SUM yang dipakai untuk menghitung total penjumlahan tanpa kriteria.
Bagaimana Cara menggunakan fungsi DSUM excel ini? Perhatikan dan praktekkan contoh rumus DSUM berikut ini.
Cara menggunakan Fungsi DSUM
Perhatikan acuan database pegawai di atas. Database pegawai tersebut memuat beberapa field, ialah ID, Nama, Kelamin, Tanggal Lahir, Umur dan gaji yang disusun pada range B2:G10.
Dari susunan database di atas, berapakah jumlah total honor pegawai yang berumur lebih dari 30 tahun?
Untuk menerima jumlah gaji pada database tersebut buatlah terlebih dahulu sebuah range kriteria yang memuat Label "UMUR" dan kriteria/syarat yang akan diterapkan. Pada contoh rumus Dsum ini kriteria diletakkan pada range I2:I3.

Adapun Rumus DSUM yang digunakan untuk mendapatkan hasil sesuai kriteria diatas yaitu sebagai berikut:
=DSUM(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Fungsi DAVERAGE Excel
Fungsi atau Rumus DAVERAGE dipakai untuk menghitung nilai rata-rata pada sebuah field database yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Rumus DAVERAGE dalam kelompok fungsi statistika ibarat dengan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERGAEIFS yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya.
Cara memakai Fungsi DAVERAGE
Dengan sumber database yang sama apabila anda menghendaki rata-rata gaji untuk pegawai pria (L) saja maka Rumus DAVERAGE yang digunakan ialah seolah-olah di bawah ini:
=DAVERAGE(B2:G10;"GAJI";I2:I3)

Pada acuan rumus DAverage diatas I2:I3 memperlihatkan range kriteria yang mana pada Sel I2 berisi teks "KELAMIN" sesuai dengan label field jenis kelamin pada database sedangkan I3 berisi teks "L" yang memperlihatkan tipe/jenis kelamin pada database yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
Fungsi DMAX Excel
Kalau fungsi MAX dipakai untuk menerima nilai nilai maksimum dari sebuah range data secara umum, fungsi DMAX pada excel dipakai menghasilkan nilai angka terbesar field record sebuah database yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang anda tentukan.
Cara memakai Fungsi DMAX
Contoh rumus DMax misalnya digunakan pada database diatas untuk mengetahui usia tertinggi untuk pegawai laki-laki, rumus DMAX yang dipakai yaitu:
=DMAX(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Seperti sebelumnya jangan lupa menyesuaikan range kriteria yang digunakan.
Fungsi DMIN Excel
Kebalikan dari fungsi DMAX, fungsi DMIN pada excel dipakai menghasilkan nilai angka terkecil field record sebuah database yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang anda tentukan. Sama dengan fungsi MIN yang digunakan untuk mendapatkan nilai minimum sebuah range angka tanpa kriteria tertentu.
Cara memakai Fungsi DMIN
Misalnya untuk mengetahui pegawai perempuan termuda dan tercanti pada databse diatas (ehh tanpa tercantik ya) yaitu dengan memakai rumus DMIN excel seperti berikut ini:
=DMIN(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Pada teladan rumus DMin di atas nilai umur atau usia pegawai terkecil yang dihasilkan ialah 22 Tahun untuk jenis kelamin perempuan.
Fungsi DCOUNT Excel
Mirip dengan fungsi Count yang dipakai untuk menghitung sel-sel dalam range data yang berisi angka, fungsi DCOUNT pada excel juga digunakan untuk menghitung sel yang berisi angka dalam database, tetapi dengan kriteria tertentu. Makara sesungguhnya fungsi ini lebih ibarat dengan fungsi Countif atau fungsi countifs dalam kategori fungsi statistik.
Cara menggunakan Fungsi DCOUNT
Contoh fungsi Dcount excel ini contohnya untuk mengetahui jumlah data pada field umur yang berisi angka untuk pegawai yang menerima gaji diatas 1.500.000 rumus excel yang digunakan yaitu:
=DCOUNT(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Fungsi DCOUNTA Excel
Fungsi DCOUNTA pada excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam database yang memenuhi kriteria tertentu yang kita tentukan.
Apabila anda sering menggunakan fungsi COUNTA tentu tidak akan asing lagi dengan fungsi database satu ini.
Cara memakai Fungsi DCOUNTA
Pada database di atas untuk mengetahui jumlah file atau sel-sel pada field "KELAMIN" yang tidak kosong (ada isinya) Dengan syarat bahwa pegawai tersebut mendapatkan honor di atas 1.500.000 maka rumus DCOUNTA yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:
=DCOUNTA(B2:G10;"KELAMIN";I2:I3)

Contoh-contoh pada pembahasan fungsi database di atas masih menggunakan 1 kriteria, barangkali anda kemudian akan bertanya bagaimana bila kriteria yang ingin kita memutuskan lebih dari satu? Untuk pembahasan pneggunaan fungsi Database dengan banyak kriteria akan kita pelajari pada pembahasan berikutnya: Cara memakai Rumus Database Excel Dengan Banyak Kriteria.
Soo tetap dukung "Kelas Excel" dengan share artikel-artikel tutorial pada Blog ini sehingga akan lebih banyak kawan-kawan lain yang ikut menerima keuntungannya. Juga dengan Cara ketik "KA E EL A ES E Ex CE E El" dan kirim ke 95151 ehhh... :)
Komentar
Posting Komentar