Rumus Mengurutkan Angka di Excel Secara Otomatis

Cara mengurutkan angka di excel

Dengan beberapa langkah mudah Anda mampu mengurutkan sebuah data pada microsoft excel menggunakan fitur sort excel yang sudah kami bahas pada panduan sebelumnya.

Selain dengan fitur sort pada excel, Anda juga mampu memakai formula atau rumus excel untuk mengurutkan angka di excel. Dengan Cara ini angka yang Anda masukkan akan otomatis tersusun secara urut.

Cara ini dibutuhkan kalau Anda ingin menghasilkan Angka yang terurut pada range lain tanpa mengubah susunan urutan data aslinya.

Bagaimana Caranya?

Silahkan ikuti tutorial mengurutkan angka di excel berikut ini.


Mengurutkan Angka Dengan Rumus Excel


Untuk mengurutkan angka pada excel, Anda bisa memanfaatkan fungsi SMALL dan LARGE pada microsoft excel.

Gunakan fungsi SMALL untuk pengurutan angka secara Ascending atau pengurutan naik. Sebaliknya, gunakan fungsi LARGE untuk pengurutan angka secara Descending atau pengurutan turun.

Pengurutan Ascending ialah mengurutkan angka dari nilai terkecil ke nilai angka terbesar, sedangkan pengurutan Descending adalah mengurutkan angka dari nilai terbesar ke nilai terkecil.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengikuti tutorial kami tentang cara mengurutkan nilai dan nama sesuai ranking, Anda tentunya sudah cukup familiar dengan Cara ini.

Rumus Mengurutkan Angka Dengan Kolom Dummy(Bantuan)


Cara mengurutkan angka dengan rumus excel yang pertama ialah dengan memakai kolom dummy atau kolom bantu rumus.

Rumus LARGE dan SMALL, selain membutuhkan array atau tumpuan range yang akan diambil nilainya juga membutuhkan nomor urut terbesar atau terkecil ke-x.

Nilai x inilah yang akan kita ambilkan dari kolom dummy ini.

Pada contoh berikut range B3:B14 yaitu rentang data yang akan diurutkan nilainya:

Rumus mengurutkan angka di excel

Untuk mempermudah pengurutan angka tambahkan 1 kolom yang berisi nomor urut. Misal pada teladan tersebut nomor urut 1-12 aku letakkan pada range D3:D14.

Selanjutnya gunakan sel-sel terkait pada range tersebut sebagai argument pada rumus SMALL atau LARGE untuk mengurutkan angka di excel.

Rumus pengurutan angka secara ascending pada cell E3 pada pola di atas yaitu sebagai berikut:

=SMALL($B$3:$B$14;D3)

Selanjutnya gunakan autofill atau copy paste rumus tersebut pada cell lain dibawahnya. Panduan lebih detail tentang copy-paste pada excel bisa anda temukan pada halaman berikut:Panduan cut, copy, paste di excel

Pastikan bahwa Range B3:B14 pada rumus tersebut terkunci/absolut dengan menambahkan tanda $ pada tumpuannya. Hal ini bertujuan agar saat di copy ke sel lain range ini tidak berubah. penjelasan lebih lanjut bisa Anda pelajari pada tutorial wacana cara membuat tumpuan sewenang-wenang excel.

Adapun pada cell F3, rumus yang dipakai untuk mengurutkan angka secara descending ialah:

=LARGE($B$3:$B$14;D3)

Selain menyusun secara menurun, nomor urut di atas bisa juga Anda susun ke samping apabila Anda menghendaki nilai-nilai tersebut diurutkan ke samping pada beberapa kolom.

Bisakah mengurutkan angka dengan rumus excel tanpa kolom bantu?

Rumus Mengurutkan Angka Tanpa Kolom Dummy


Jika Anda TIDAK menghendaki menciptakan nomor urut 1,2,3 dst. sebagai kolom bantu untuk fungsi SMALL dan LARGE, Anda mampu memanfaatkan fungsi ROW atau fungsi ROWS pada excel.

Berikut pola penerapan fungsi SMALL dan LARGE dengan fungsi ROW Excel untuk mengurutkan angka di excel.

Rumus mengurutkan angka di excel

Pada sel E3 rumus SMALL yang digunakan ialah:

=SMALL($B$3:$B$14;ROW(E2)-1)

sedangkan rumus LARGE pada sel F3 yaitu:

=LARGE($B$3:$B$14;ROW(F2)-1)

Selanjutnya Anda tinggal meng-copy paste rumus tersebut pada sel lain di bawahnya untuk mendapatkan hasil pengurutan angka pada excel.

Pada belahan ROW(E2)-1, pengurangan angka 1 dimaksudkan untuk menghasilkan nilai 1. bila posisi baris pertama tidak berada pada baris ke-2 sesuaikan nilai pengurangan ini supaya bagian ini menghasilkan angka 1.

Pada rumus diatas, Anda bisa saja mengganti pecahan ROW(E2)-1 atau ROW(F2)-1 dengan ROW(A1).

Hasilnya akan sama saja, namun bila tanpa sengaja Anda menghapus baris A1, rumus yang Anda gunakan akan error.

Jadi untuk lebih amannya gunakan header (E2 atau F2) dan kurangi dengan angka 1 untuk menghasilkan nilai 1 dan nilai 2,3,4 dst, untuk sel-sel lainnya.

Jika Anda malas untuk menghitung secara manual nilai pengurangannya, alternatif lain Anda mampu memakai rumus berikut:

=SMALL($B$3:$B$14;ROW(E3)-ROW($E$2))

Dimana E3 pada rumus tersebut ialah baris pertama yang akan menghasilkan nilai 1, dan E2 adalah sel diatasnya.

Perhatikan bahwa nilai E2 pada rumus tersebut dikunci (absolut).

Selain memanfaatkan fungsi ROW pada excel, Anda juga bisa membuat angka urut 1,2,3 dst. sebagai argumen fungsi SMALL dan LARGE dengan fungsi ROWS untuk mengurutkan Angka di excel.

Berikut acuannya:

Rumus mengurutkan angka di excel secara otomatis

Pada sel E3 rumus SMALL yang digunakan adalah:

=SMALL($B$3:$B$14;ROWS($E$2:E2))

Sedangkan rumus pengurutan secara descending dengan fungsi LARGE pada sel F3 ialah:

=LARGE($B$3:$B$14;ROWS($F$2:F2))

Cara kerja rumus di atas pada dasarnya sama dengan rumus-rumus sebelumnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah cara memakai tanda $(Dollar) pada fungsi ROWS.

Pada rumus tersebut, serpihan yang diabsolutkan hanya kepingan deepan dari referensi range "ROWS($E$2:E2)".

Hal ini bertujuan supaya dikala di copy paste ke bawah serpihan depan tidak berubah sedangkan bagian setelahnya berubah menyesuaikan posisi rumus tersebut.

Jika nilai diurutkan kesamping, gunakan fungsi COLUMN atau COLUMNS pada rumus LARGE atau SMALL di atas.

Apakah rumus diatas juga bisa digunakan untuk mengurutkan data yang berupa teks? Silahkan dicoba.

Demikian panduan ihwal Cara mengurutkan angka di excel menggunakan rumus pada microsoft excel. Silahkan sampaikan pada kolom komentar kalau ada serpihan yang belum terperinci.

Terima kasih sudah membaca tutorial ini. Apabila Anda mendapakan manfaat dari tutorial ini, share ke teman-teman Anda lainnya supaya semakin banyak yang ikut menerima keuntungannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel

Cara Mengatur Format Tampilan (Layout) Pada PivotTable Excel

Cara Mengelompokkan Data (Grouping) Pada PivotTable Excel