Pengertian Cell dan Range & Perbedaan Baris dan Kolom (Row dan Column) di Excel

Pengertian Row, Column, Cell dan Range di Excel

Bagaimana pengertian cell, range, row dan column pada microsoft excel?

Setelah menjelaskan perbedaan workbook dan worksheet pada microsoft excel, pada tutorial excel kali ini kita akan mempelajari perihal pengertian Cell, pengertian Range serta menjelaskan wacana pengertian dan perbedaan antara kafeis dan kolom atau Row dan Column pada microsoft Excel.

Tutorial excel ini ditujukan untuk anda yang memang benar-benar nol dan baru mengenal Ms. excel. Untuk anda yang sudah mengerti perihal konsep dasar penggunaan excel, tutorial kali ini sanggup anda lewati. Namun demikian tidak ada salahnya anda baca dulu, kafetariaangkali ada satu dua hal yang terlewat belum anda ketahui contohnya wacana tips Tutorial berpindah antar cell excel dibagian balasan tutorial ini.

Jika sebelumnya anda sudah membaca klarifikasi ihwal buku kerja (worksheet) dan lembar kerja (workbook) excel yang sudah diulas sebelumnya, memahami serpihan ini akan lebih Mudah lagi. karena pada serpihan tersebut Kelas Excel juga sudah sedikit menyinggung perihal pengertian istilah Row, Column, Cell dan Range pada microsoft excel.


Sebelum membahas ihwal pengertian cell dan range kita bahas dulu pengertian row dan column pada excel.

Pengertian ROW (Baris) Pada Excel


Pengertian Row yang dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai "Baris" ialah penggalan dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1,2,3 sampai 1.048.576.

Pengertian Row (Baris) di Excel

Pengertian COLUMN (Kolom) Pada Excel


Adapun Column dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai "Kolom", merupakan kepingan dari worksheet yang melintang vertikal ke atas dan ditandai dengan karakter A,B,C, dan seterusnya hingga XFD.

Pengertian Column (Kolom) di Excel

Perbedaan kafeis dan Kolom Pada Microsoft Excel


Pada Excel 2003 jumlah row atau kafeis excel yang disediakan oleh excel hanya 65.536 saja.

Mulai versi excel 2007, jumlah row atau kafeis pada microsoft excel yaitu 1.048.576. Angka terakhir pada pecahan bawah worksheet sebelah kiri memperlihatkan jumlah baris yang disediakan oleh microsoft excel.

Sedangkan jumlah kolom Pada excel 2003 hanya hingga huruf IV atau 256 kolom saja, sedangkan pada versi excel 2007 ke atas jumlah Column atau kolom yang disediakan oleh microsoft excel hingga karakter XFD yang merupakan kolom ke-16.384.

JUMLAH KOLOM DAN barIS EXCEL :
  • Excel 2003 ke bawah : 65.536 kafetariais | 256 kolom
  • Excel 2007 ke atas : 1.048.576 kafeis | 16.384 kolom

Dari penjelasan ihwal pengertian kolom dan kafeis di atas sudah jelas bahwa perbedaan kolom dan kafetariais selain dari bentuknya yang memanjang secara vertikal dan horisontal juga terletak pada jumlahnya.

Setelah menjelaskan pengertian Row dan Column serta perbedaan kafetariais dan kolom, Pada kepingan selanjutnya kita akan membahas pengertian Cell dan juga ihwal pengertian Range pada microsoft Excel.

Pengertian Cell(Sel) Pada Excel


Apa yang dimaksud dengan cell atau sel pada microsoft excel?

Pengertian Cell adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yang merupakan titik pertemuan antara Row dan Column.

Jadi pertemuan antara kafeis dan kolom disebut dengan cell atau sel excel dalam istilah Indonesia.

Sebuah sel excel biasanya diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor kafeisnya. misalnya titik pertemuan antara kolom C dan baris nomor 5 disebut dengan Sel C5, dengan kata lain Sel C5 merupakan sel excel yang berada di kolom C dan kafetariais ke-5.

Pengertian Cell (Sel) di Excel

Nama atau alamat cell yang sedang aktif mampu anda lihat pada penggalan formula bar sebelah kiri yang disebut dengan namebox seakan-akan yang nampak pada gamar di atas.

Pada excel 2003 ke bawah jumlah sel excel dalam sebuah worksheet ialah 16.777.216. Sedangkan Pada Excel 2007 ke atas dalam sebuah worksheet memuat 17 Milliar sel atau angka tepatnya 17.179.869.184 sel.

Pengertian Range (Rentang) Pada Excel


Apa yang dimaksud dengan range dalam excel?

Jika Cell adalah pertemuan antara Row dan Column atau pertemuan kafeis dan Kolom, maka RANGE atau dalam istilah Indonesia diartikan sebagai rentang yaitu kumpulan dari beberapa cell pada microsoft excel.

Jadi pengertian Range yaitu campuran dari beberapa cell pada microsoft excel, baik dalam satu atau beberapa kafetariais dan kolom.

Pengertian Range (Rentang) di Excel

Sekelompok Sel yang tergabung dan disebut dengan range disini bisa dalam satu kafeis, satu kolom, maupun beberapa kafetariais dan kolom.
  • Contoh range satu kafeis misalnya A1:F1.
  • Contoh range satu kolom polanya A1:A5.
  • Contoh range beberapa kolom dan kafetariai contohnya A1:F5.

Sebuah sel atau range pada worksheet excel sanggup juga kita beri nama tertentu sehingga Mudah untuk diingat sesuai kebutuhan. Caranya mampu anda baca pada halaman berikut: Menamai Range Pada Excel.

Berpindah Antar Cell di Excel


Selain menggunakan mouse untuk mengaktifkan atau menentukan sebuah sel kita mampu juga mengaktifkan atau berpindah antar sel dengan tombol-tombol pada keyboard.

Tombol shortcut pada keyboard yang sanggup anda gunakan untuk berpindah antar sel didalam sebuah worksheet antara lain:
Shortcut Pindah Antar Cell Pada Worsheet
SHORTCUT FUNGSI
, , , Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
Tab Pindah satu sel ke kanan
Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri
Enter Pindah satu sel ke bawah
Shift + Enter Pindah satu sel ke atas
Ctrl + Pindah satu sel paling kiri pada kolom pertama
Ctrl + Pindah satu sel paling kanan pada kolom terakhir
Ctrl + Pindah satu sel paling atas pada kafeis pertama
Ctrl + Pindah satu sel paling bawah pada kafeis terakhir
Home Pindah ke kolom A
Ctrl + Home Pindah ke sel A1
PgUp Pindah satu layar ke atas
PgDn Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp Pindah ke worksheet berikutnya
Ctrl + PgDn Pindah ke worksheet sebelumnya

Selain memanfaatkan namebox kita juga bisa mengetahui posisi kafetariais atau kolom dengan fungsi excel. Silahkan anda pelajari pada belahan berikut: Cara mengetahui Posisi serta Jumlah baris dan Kolom pada Microsoft Excel

Demikian sedikit penjelasan wacana pengertian row, column, cell dan range pada microsoft office excel. Selanjutnya silahkan pelajari beberapa panduan dasar excel berikut.

Sebelum pergi jangan lupa di Bookmark dan share artikel tutorial excel ini dengan tombol yang sudah tersedia di bawah. Salam Kelas Excel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel

Cara Mengatur Format Tampilan (Layout) Pada PivotTable Excel

Cara Mengelompokkan Data (Grouping) Pada PivotTable Excel