Cara Menghitung masa Kerja Pegawai di Microsoft Excel
Bagaimanakah Cara menghitung kurun kerja pegawai atau karyawan pada microsoft Excel?
Sebenarnya untuk menghitung era kerja rumus excel yang sanggup digunakan sama dengan rumus excel untuk menghitung usia atau umur di excel.
Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan fungsi DATEDIF Excel. Fungsi Excel ini tidak akan anda temukan di excel secara eksklusif. Entah kenapa fungsi yang cukup memiliki kegunaan ini disembunyikan oleh excel.
Dengan fungsi DATEDIF kita mampu mendapat kala kerja dalam satuan tahun, bulan bahkan hingga detail hari.
Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.
Rumus Menghitung masa Kerja Dengan Fungsi DATEDIF Excel
Fungsi DATEDIF pada Excel merupakan fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah hari, bulan, atau tahun di antara dua tanggal.
Yang perlu diperhatikan bahwa fungsi Datedif tidak ada di tab formula atau pada serpihan insert function formula kafetaria. Untuk mengaktifkan atau menggunaknnya anda harus mengetikkan langsung secara manual rumus datedif ke formula kafe atau pada sel mana yang anda kehendaki.
Jika rumus ini menghasilkan error #NAME kemungkinan anda salah menuliskan rumusnya.
Sintaks atau Cara penulisan fungsi DATEDIF pada microsoft excel ialah sebagai berikut:
DATEDIF(start_date;end_date;unit)
Untuk menghitung masa kerja start_date pada sintaks tersebut diisi dengan tanggal awal seorang pegawai atau karyawan dihitung masa kerjanya. Sedangkan end_date kita isi dengan tanggal ketika perhitungan masa kerja dilakukan.
End_date pada perhitungan periode kerja ini mampu kita isi dengan tanggal tertentu yang kita kehendaki. jikalau menghendaki tanggal ketika ini maka bisa kita isi dengan fungsi TODAY yang digunakan untuk menerima tanggal hari ini atau dengan fungsi NOW yang dipakai untuk mendapat tanggal dan waktu hari ini.
Fungsi today dan NOW ini mampu anda pelajari lebih lanjut pada artikel perihal fungsi-fungsi yang berkaitan dengan tanggal atau fungsi-fungsi yang berkaitan dengan waktu.
Untuk mendapat jumlah tahun rumus excel yang dipakai ialah:
DATEDIF(Awal_Kerja;Tanggal_Perhitungan;"Y")
Sedangkan untuk menerima nilai sisa bulan kerja yaitu:
DATEDIF(Awal_Kerja;Tanggal_Perhitungan;"YM")
Perhatikan pola berikut:
Pada contoh diatas rumus excel pada sel E2 ialah:
=DATEDIF(C2;D2;"Y")
Sedangkan rumus excel pada sel F2 ialah:
=DATEDIF(C2;D2;"YM")
Lebih lengkapnya pada masing-masing sel sebagai berikut:
Menambahkan gosip Teks Pada Perhitungan kurun Kerja
Dari tumpuan diatas anda bisa menembahkan berita menggunakan operator teks (&) sehingga perhitungan yang anda lakukan akan terlihat lebih informatif.
Perhatikan teladan berikut :
Pada pola ditas rumus excel pada sel E2 ialah:
=DATEDIF(C2;D2;"Y")&" Tahun"
Sedangkan pada sel F2 ialah
=DATEDIF(C2;D2;"YM")&" Bulan"
Lebih lengkapnya sebagai berikut:
Kedua rumus diatas bisa juga anda gabung menjadi satu dalam satu sel sehingga rumus excelnya menjadi:
=DATEDIF(C2;D2;"Y")&" Tahun "&DATEDIF(C2;D2;"YM")&" Bulan"
Pada rumus diatas aku menambahkan spasi sehabis teks " Tahun".
Lihat Gambar berikut untuk hasil alhasil.
Untuk masing-masing sel pada kolom E rumus excel gambar diatas adalah:
Demikian Tutorial menghitung periode kerja pegawai atau karyawan dengan menggunakan Rumus Microsoft Excel. supaya bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar