Cara menggunakan Fitur FIND And REPLACE Excel (Bagian 1)

Cara memakai Fitur Find Pada Microsoft Excel

FIND AND REPLACE Microsoft Excel - Pada tutorial excel kali ini kami akan membahas Tutorial memakai fitur FIND & REPLACE yang terdapat pada Microsoft Excel untuk melaksanakan pencarian data.

Kita juga akan mencar ilmu tentang penggunaan fitur ini secara lebih mendalam ihwal penggunaan karakter wildcard, pencarian data dalam bentuk formula atau rumus excel serta format tertentu, melaksanakan pencarian dan merubah data pada semua worksheet dan workbook yang sedang terbuka dan lain sebagainya.

Agar tidak terlalu panjang dan membosankan tutorial kali ini akan admin bagi menjadi dua kepingan.

Pada belahan pertama ini akan dibahas ihwal fitur FIND excel terlebih dahulu. sesudah itu menyusul pecahan kedua wacana Fitur REPLACE pada microsoft excel.


Apa yang kami maksud dengan fitur FIND dan REPLACE ini berbeda dengan fungsi FIND atau SEARCH dan fungsi REPLACE yang biasa dipakai sebagai rumus excel. FIND dan REPLACE sebagai fungsi Excel sudah kami jelaskan pada penggalan lain di blog tutorial excel ini.

Fitur FIND Pada Microsoft Excel


Fitur FIND pada microsoft excel digunakan untuk mencari dan menemukan data tertentu pada Excel.

Cara Mencari Teks Pada Sebuah Range, Worksheet, Atau Workbook


Untuk menemukan karakter, teks, angka, atau tanggal tertentu pada microsoft excel ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Seleksi sembarang sel pada worksheet atau seleksi range tertentu bila kita ingin membatasi pencarian pada range tertentu. Pada acuan dibawah ini kami membatasi pencarian pada kolom C saja.

    Fitur FIND Microsoft Excel
  2. Buka Find obrolan Box pada menu Home--Editing Group--Find & Select--Find.... Sebagai alternatif anda mampu menggunakan Shortcut Ctrl + F.

    Fitur FIND Microsoft Excel
  3. Pada kotak Find what: masukkan kata kunci yang ingin anda cari atau temukan.

    Fitur FIND Microsoft Excel
  4. Tekan enter atau tombol Find Next.

Setelah menekan tombol Find Next maka excel akan mencari kata kunci atau teks yang anda masukkan. Menekan Find Next berikutnya excel akan berpindah ke sel lain berikutnya yang berisi kata kunci atau teks yang anda cari. Begitu seterusnya.

Jika anda menekan tombol Find All maka excel akan memberikan list atau daftar sel yang mengandung kata kunci yang anda cari.

Fitur FIND Microsoft Excel

Untuk pencarian yang lebih spesifik anda bisa membuka Tombol Options>>> pada obrolan box tersebut.

Fitur FIND Microsoft Excel

Keterangan:
  • Within: digunakan untuk membatasi pencarian pada sheet aktif saja atau pada workbook.
  • Search: melaksanakan pencarian secara hidanganrun (by Rows) atau menyamping (by Columns) dimulai dari sel aktif.
  • Lookin: melaksanakan pencarian pada rumus excel (Formula), nilai sel (Value) atau Komentar (Comments)
  • Match Case, merupakan opsi untuk pencarian secara sensitif karakter besar kecil (Sama persis) atau tidak.
  • Match entire cell contents, menemukan sel yang hanya berisi kata kunci/teks pencarian saja.

Cara Mencari Teks Atau Nilai Cell Dengan Format Tertentu Di Excel


Untuk melakukan pencarian teks pada sel yang mempunyai format tertentu lakukan langkah-langkah seolah-olah diatas. setelah Find and Replace obrolan box muncul klik options. Pada bagian Format... pilih Format....

Fitur FIND Microsoft Excel

Berikutnya akan muncul kotak dialog Find Format. Tentukan format sel yang anda kehendaki.

Fitur FIND Microsoft Excel

Jika anda menghendaki format sel yang sudah ada pada sheet maka pilihlah Choose Format From Cell dan pilihlah salah satu sel pada worksheet yang sesuai dengan format yang anda maksud.

Fitur FIND Microsoft Excel

Jika menggunakan fitur FIND and REPLACE dengan format tertentu, jangan lupa melakukan Clear Find Format setiap melakukan pencarian gres. alasannya adalah adalah format tersebut akan tetap tersimpan hingga kita keluar dari excel.

Cara Mencari Cell Yang Berisi Rumus Excel


Untuk melkukan pencarian pada rumus langkah-langkahnya masih sama. Hanya pada options Look In: tentukan pencarian pada formulas atau rumus excel.

Pada gambar dibawah ini aku ingin melaksanakan pencarian pada formula excel yang mengandung teks "AVERAGE".

Fitur FIND Microsoft Excel

Cara menentukan dan Menghapus Semua Cell Yang Berisi Teks Atau Nilai Tertentu


Fitur FIND pada excel mampu juga dimanfaatkan untuk mlekukan seleksi sel-sel tertentu secara bersamaan. misalnya untuk data dibawah ini kami ingin menyeleksi sel yang mengandung teks "Jawa". Langkah-langkah yang diharapkan adalah:
  1. Seleksi seluruh kolom C, untuk melakukan pencarian hanya pada kolom C.
  2. Buka kotak obrolan pencarian seakan-akan sebelumnya atau cukup dengan shortcut Ctrl + F.
  3. Tuliskan "Jawa" pada serpihan Find What:
  4. Klik Find All
  5. Untuk menseleksi sebagian atau seluruh sel yang mengandung teks "Jawa", setelah list cel yang mengandung kata jawa muncul pilih satu persatu dengan Cara menekan Ctrl + klik dengan mouse. mampu juga dengan Ctrl + A untuk menentukan seluruhnya.

Fitur FIND Microsoft Excel

Setelah terseleksi kita sanggup melaksanakan tindakan lebih lanjut misalkan melaksanakan copy paste sel-sel tersebut ke sheet lain. kalau menghendaki menghapus baris teks yang mengandung kata "Jawa" maka pilih menu Delete Sheet Rows.

Fitur FIND Microsoft Excel

Anda kesulitan menggunakan fitur FIND Excel? Silahkan sampaikan permasalahan Anda pada kolom komentar yang tersedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan VBA Excel: VBE (Visual Basic Editor) Excel #02

Cara Mengatur Format Tampilan (Layout) Pada PivotTable Excel

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel