Pengertian Formula/Rumus dan Fungsi Pada Microsoft Excel

Pengenalan Rumus Excel dan Fungsi Dalam Microsoft Excel

Sebagaimana yang admin tuliskan sebelumnya pada halaman pengenalan Excel, salah satu hal yang membuat Excel banyak digunakan yaitu kelengkapan fitur Formulas dan Functions atau dikenal sebagai Rumus Excel dan Fungsi Excel dalam bahasa Indonesia.

Formula dan fungsi excel ini digunakan untuk membantu kita mempermudah dalam mengerjakan beragam proses perhitungan dan pengolahan data di excel.

Lalu apa yang dimaksud dengan formula dan fungsi pada microsoft excel? Apa pula perbedaan keduanya?


Pengertian Formula/Rumus Excel


Apa yang dimaksud formula pada microsoft excel?

Secara garis besar yang dimaksud formula atau rumus pada microsoft excel yaitu persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diperlukan pada microsoft excel.

Rumus Excel(Excel Formula) ini mampu kita gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga yang super kompleks, baik untuk data berupa angka, teks, tanggal, waktu, atau kombinasi dari jenis data-data tersebut.

Mengenai jenis data pada excel ini sanggup Anda pelajari lebih lanjut pada pecahan berikut: Tipe Data Pada Microsoft Excel.

Yang perlu dicatat bahwa cara menggunakan rumus microsoft excel selalu diawali tanda sama dengan (=). Selain itu dalam sebuah rumus excel bisa melibatkan fungsi excel, referensi, konstanta dan umumnya juga melibatkan operator dasar pada microsoft excel.

Sebagai teladan contohnya kita akan menjumlahkan angka 10,20,30 maka formula excelnya yaitu:

=10+20+30

Contoh lain kalau kita ingin mencari rata-rata dari 10,20,30 maka rumus excelnya yaitu:

=(10+20+30)/3

Pada kedua teladan rumus excel di atas, formula excel tersebut menggunakan konstanta(10,20,30,3) serta operator penjumlahan(+) dan pembagian(/).

Contoh rumus excel yang melibatkan fungsi excel yaitu sebagai berikut:

=SUM(A1:A10)

Contoh rumus excel yang melibatkan referensi cell ialah sebagai berikut:

=A1+A2

Tidak sedikit admin jumpai dan memang sudah umum bahwa formula atau rumus excel disama artikan dengan function atau fungsi excel. Padahal seharusnya kedua istilah pada microsoft excel ini mempunyai klarifikasi yang berbeda.

Setelah mengenalkan wacana rumus atau formula excel berikutnya akan kita terperincikan mengenai maksud function atau fungsi excel.

Pengertian Function/Fungsi Excel


Adapun yang dimaksud fungsi excel secara garis besar merupakan preset dari formula yang bertujuan untuk menyederhanakan formula sampai membuat proses perhitungan data menjadi lebih singkat dan tentunya relatif lebih simpel untuk dikerjakan.

Fungsi Excel ialah rumus-rumus yang telah didefinisikan oleh microsoft excel atau dengan kata lain formula siap pakai yang dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit.

Sebagai pola, bila kita akan menjumlahkan data berupa angka 10,20,30 maka fungsi yang sanggup Anda gunakan yaitu fungsi SUM:

=SUM(10;20;30)

Sedangkan untuk mencari rata-rata data tersebut kita gunakan fungsi AVERAGE:

=AVERAGE(10;20;30)

Jika hanya melibatkan tiga angka sebagaimana referensi diatas tentu belum ada perbedaan yang cukup berarti namun coba bayangkan kalau kita sudah berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan data. keberadaan fungsi pada microsoft excel akan benar-benar kita rasakan keuntungannya.

Dari penjelasan di atas apakah Anda sudah mampu membedakan antara fungsi excel (Excel Function) dan Rumus Excel (Excel Formula)?

Bagian-bagian Rumus Excel


Cara menggunakan rumus atau formula excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Selain itu dalam sebuah rumus atau formula excel dapat terdiri atas satu atau semua dari beberapa hal berikut:
  • Fungsi-fungsi Excel
  • Operator perhitungan
  • Nilai dari angka-angka atau teks secara pribadi (konstanta)
  • Referensi alamat suatu sel atau range
  • Nama sel/range

Supaya lebih terperinci perhatikan gambar potongan-bagian sebuah rumus excel berikut:

Bagian-Bagian Formula/Rumus Excel

  1. SAMA DENGAN(=): Tanda sama dengan atau “=” merupakan tanda awal dari penulisan formula atau rumus excel yang harus dituliskan jikalau kita hendak menciptakan atau menggunakan formula apapun.
  2. FUNGSI : Fungsi merupakan sebuah isyarat tertentu yang melaksanakan kalkulasi tertentu di excel menurut susunan argumen yang telah di menetapkan pada microsoft excel.

    Fungsi mampu dipakai untuk menjalankan perhitungan sederhana atau kompleks. teladannya fungsi SUM yang merupakan sebuah Fungsi excel yang digunakan untuk menjumlahkan data.
  3. REFERENSI: Referensi yaitu rujukan pada sebuah sel atau range pada lembar kerja, baik pada sheet yang sama maupun sheet yang berbeda. pada pola di atas teladannya B2:B5 merupakan referensi dalam bentuk Range (Kumpulan Cell) sedangkan C2 Merupakan Referensi dalam bentuk sel tunggal.
  4. KONSTANTA: Konstanta merupakan nilai yang bukan hasil dari sebuah kalkulasi perhitungan, lantaran itu nilainya selalu sama atau tidak berubah. Konstanta mampu berbentuk teks maupun angka yang dimasukkan pribadi ke rumus, misalnya angka 3
  5. OPERATOR: Operator merupakan simbol aksara yang memilih tipe perhitungan yang ingin anda jalankan pada sebuah rumus excel. Pada teladan diatas yang termasuk operator ialah tanda * (perkalian) dan / (pembagian). Untuk lebih terperinci ihwal operator silahkan baca artikel perihal Operator Perhitungan dalam Rumus Excel.

Sintaksis Fungsi Excel


Penggunaan fungsi microsoft excel pada sebuah rumus excel selalu diikuti dengan tanda kurung "(...)" dimana dalam tanda kurung tersebut kita sanggup memasukkan argumen-argument atau data embel-embel yang akan dikalkulasi oleh fungsi tersebut.

NAMAFUNGSI(Argument1;Argument2;Argument3;dst...)

Pada argument Tooltips gambar di bawah ada keterangan argument yang diapit kurung siku"[...]". Tanda kurung siku ini menunjukkan bahwa potongan argument tersebut bersifat opsional atau boleh tidak digunakan.

Beberapa fungsi excel, meskipun tidak membutuhkan argument tetap harus menyertakan tanda kurung saat digunakan untuk menyusun sebuah rumus excel contohnya fungsi NOW dan TODAY. Misal pada fungsi NOW jikalau digunakan pada rumus excel maka ditulis "=NOW()".

Supaya lebih terang perhatikan gambar kepingan-bagian struktur fungsi excel berikut:

Bagian-Bagian Struktur Function/Fungsi Excel

  1. STRUKTUR: Struktur fungsi dimulai dengan tanda sama dengan (=), yang diikuti dengan nama fungsi, tanda kurung buka, argumen untuk fungsi yang dipisahkan oleh titik koma(;) untuk format bahasa Indonesia atau koma(,) untuk format English, dan tanda kurung tutup. Struktur Fungsi contoh diatas yaitu "=IF(A2=B2;"Sama";"Tidak Sama")".

    Apabila sebuah fungsi excel digunakan tidak pada kepingan awal rumus, Tidak perlu menambahkan tanda "=" lagi, cukup 1 sama dengan(=) di awal rumus.
  2. NAMA FUNGSI: Nama Fungsi pada pola diatas yaitu Fungsi IF. Nama fungsi. Untuk daftar fungsi yang ada, klik sel dan tekan Shift + F3.
  3. ARGUMEN: Argumen sanggup berupa angka, teks, nilai logika seolah-olah TRUE atau FALSE, array, nilai kesalahan seolah-olah #N/A, atau referensi sel. Argumen yang Anda tentukan harus menghasilkan nilai yang valid untuk argumen itu. Argumen juga mampu berupa konstanta, rumus, atau fungsi lainnya. Dan untuk catatan bahwa setiap fungsi memiliki argumen yang berbeda-beda.
  4. ARGUMENT TOOLTIPS: Tooltips atau tips alat dengan sintaks dan argumen muncul saat Anda mengetikkan fungsi. Tooltips hanya muncul untuk fungsi bawaan excel.

Jika sebuah fungsi mempunyai argument lebih dari satu maka argumen-argument tersebut dipisahkan dengan tanda pemisah berupa koma(,) atau titik koma(;) sesuai pengaturan regional setting komputer yang Anda digunakan.

Tentang bagaimana Tutorial mengatur regional setting dan perbedaan apa saja yang dipengaruhinya pada microsoft excel mampu Anda pelajari pada halaman berikut: Pengaturan regional setting dan perbedaannya pada microsoft excel.

Dari sedikit klarifikasi wacana Fungsi dan Formula (Rumus Excel) diatas seringkali kami temui pengguna excel salah atau kurang tepat dalam menggunakan kedua istilah pada excel tersebut. Banyak pengguna excel menyamakan atau lebih sempurnanya menggunakan istilah fungsi sebagai rumus excel.

Contoh beserta penjelasan diatas masih sangat sederhana. penjelasan lebih lanjut perihal formula dan fungsi ini akan aku bahas pada postingan-postingan lain selanjutnya.


Sebelum beranjak jangan lupa Bookmark dan share artikel tutorial excel ini dengan tombol yang sudah tersedia di bawah. Salam Kelas Excel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan VBA Excel: VBE (Visual Basic Editor) Excel #02

Cara menggunakan Function Procedure VBA Excel #09

Cara Mengatur Format Tampilan (Layout) Pada PivotTable Excel