Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Cara Menghitung Persen di Excel

Bagaimanakah Tutorial menghitung persen di excel?

Menghitung persentase atau persen tidak mampu dipisahkan ketika mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan.

Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yang melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi dan lain sebagainya.

Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk mencar ilmu bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel.

Persentase atau perseratus ialah ialah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan semoga mampu dibandingkan dengan seratus. (Wikipedia)

Persentase dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris "percent" yang merupakan singkatan dari kata per centum yang berarti per seratus.

Bilangan persen dinyatakan dengan lambang satuan %.

Setiap bilangan angka pada dasarnya mampu dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 misalnya, kalau dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya mampu ditulis sebagai 0,5/1.

Jika angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus(persen) maka nilainya 50% yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.

50% atau 50 persen artinya 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.

Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel?


Cara Menampilkan Format Persen(%) di Excel


Bagaimana Tutorial menampilkan format persen(%) di excel?

Sebelum membahas Tutorial menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau Cara menciptakan persen di excel.

Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam aneka macam macam format angka.

Salah satu format angka tersebut ialah format persentase(Percentage) sebagaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial wacana Custom Number Format Pada Excel

Setidaknya ada 3 Cara yang mampu Anda pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
  1. Mengetikkan pribadi lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan sebuah angka.
  2. Memformat cell excel dengan mengubah style format persen(%) pada Tab Home--Number--Percent(%).

    Style format persen excel

    Cara ini bisa juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %.
  3. Memilih format percentage pada kotak obrolan Format Cells.

    Format Cell Percentage Excel

Dari ketiga Cara tersebut, Tutorial menampilkan persen(%) yang kedua ialah yang lebih lazim digunakan.

Catatan:
  1. Jika angka ditulis setelah cell diformat ke dalam persentase maka angka tersebut akan langsung menjadi bilangan persentase.
  2. Jika angka dimasukkan ke dalam cell terlebih dahulu tanpa lambang %, kemudian cell tersebut di format ke dalam style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Cara Menghitung Persentase(%) di Excel


Bagaimana Cara menghitung persen?

Sebelum menghitung persen di excel, kita perlu tahu konsep menghitung persentase secara umum.

Untuk mampu mencari atau menghitung persentase setidaknya diharapkan 2 Variable.
  1. Nilai yang akan di hitung persentasenya.
  2. Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Rumus menghitung persentase di excel

Misal dari 10 soal Test yang diberikan anda bisa menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase tanggapan benar anda?

Maka jawabnya ialah:

8/10 * 100%

Hasilnya ialah 80%. Dimana 8 ialah nilai yang akan dihitung persennya dan 10 yaitu nilai pembandingnya.

Adapun persentase balasan salah ialah 20% didapatkan dengan rumus:

2/10 * 100%

Dalam rumus menghitung persentase, setidaknya dikenal 2 tipe rumus persentase, yakni persentase proporsi dan persentase perubahan.

Persentase perubahan sendiri ada 2 jenis ialah:
  1. Persentase Kenaikan
  2. Persentase Penurunan

Menghitung Persentase Proporsi


Proporsi ialah pecahan yang pembilangnya merupakan serpihan dari penyebutnya.

Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yang mana varibale tersebut merupakan cuilan dari variable pembanding tersebut.

Contohnya kasusnya begini:

Semisal pada tahun aliran baru ada 200 siswa yang mendaftar. Dari 200 siswa pendaftar tersebut 80 siswa ialah laki-laki dan sisanya 120 siswa adalah wanita.

  • Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?
  • Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?

Untuk menghitung persentase tersebut mengikuti rumus matematika berikut:

Rumus menghitung persentase proporsi di excel

Dengan mengacu rumus matematika diatas Cara menghitung persentase di excel yaitu sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase proporsi 1

Sebenarnya untuk melakukan perhitungan persentase pada microsoft excel, anda tidak perlu mengalikan dengan angka 100% lantaran ketika anda merubah format ke dalam style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan memakai rumus excel seperti dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yang sama dengan rumus excel sebelumnya.

Rumus excel untuk menghitung persentase proporsi 2

Catatan: Rubah format pada kolom C menjadi style persen (%)

Menghitung Persentase Perubahan


Dalam matematika, persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan selisih atau perbedaan antara nilai sebelum dan nilai sesudah dalam bentuk persen nilai sebelum.

Secara matematis menghitung persentase perubahan ini mengikuti kaidah rumus berikut:

Rumus menghitung persentase perubahan di excel

Perhatikan contoh rumus menghitung persentase selisih atau persentase perubahan di excel berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase perubahan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

B3 merupakan nilai baru sedangkan B2 merupakan nilai awal (lama). B3-B2 digunakan untuk mencari nilai perubahan atau selisih data lama dan data yang baru.

Dari hasil rumus persentase diatas bisa kita lihat bahwa pada bulan Januari tidak ada perubahan pendapatan (0%) dimana pada kedua bulan tersebut sama-sama menghasilkan pendapatan Rp.500.000.

Pada bulan Februari bila dibandingkan dengan bulan Januari didapatkan peningkatan penghasilan dari Rp.500.000 menjadi Rp.750.000. Artinya ada kenaikan 50% dari bulan sebelumnya atau senilai Rp.250.000.

Sedangkan pada bulan Maret nilai pendapatan turun dari Rp.750.000 pada bulan Februari menjadi hanya Rp.350.000 atau -50% dari bulan sebelumnya.

Contoh semacam inilah yang dimaksud dengan persentase perubahan dimana nilai yang dibandingkan bukan serpihan nilai pembandingnya. Artinya Pendapatan bulan Januari misalnya bukan akumulasi dari pendapatan bulan sebelumnya. Berbeda dengan teladan menghitung persentase proporsi sebelumnya dimana nilai yang dibandingkan (Jumlah pria/perempuan) merupakan potongan dari nilai pembanding yakni julah keseluruhan siswa gres.

Note:
  1. Nilai persen 0 memperlihatkan bahwa nilai tersebut tidak mengalami perubahan dari nilai lama.
  2. Nilai persen konkret(+) menunjukkan ada peningkatan/perubahan naik dari nilai sebelumnya.
  3. Nilai persen negatif(-) menunjukkan ada penurunan/perubahan turun dari nilai sebelumnya.

Selanjutnya akan kasih contoh lain tentang pesentase perubahan jenis kenaikan dan penurunan.

Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan


Persentase perubahan kenaikan memperlihatkan seberapa besar persen penambahan nilai usang dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama.

Secara matematis rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Rumus menghitung persentase kenaikan di excel

Contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel adalah sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase kenaikan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

Menghitung Persentase Perubahan Penurunan


Persentase perubahan penurunan memperlihatkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai usang. Nilai perubahan didapatkan dengan mengurangi nilai usang dengan nilai gres.

Secara matematis rumus perhitungan persennya ialah sebagai berikut:

Rumus menghitung persentase penurunan di excel

Contoh perhitungan persentase penurunan dengan rumus excel yaitu sebagai berikut:

Rumus excel untuk menghitung persentase penurunan

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

=(B2-B3)/B2

Pada persentase perubahan, nilai minus bahu-membahu juga memperlihatkan persentase perubahan penurunan.

Semoga penjelasan ini mampu menjawab permasalahan anda perihal bagaimana Tutorial menghitung persentase di excel.

Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Serta bagikan goresan pena ini di akun sosial media Anda supaya sahabat-teman Anda juga mampu menerima manfaat yang sama.

Untuk request tutorial excel silahkan kirimkan email yang tersedia di laman kontak admin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Mengambil atau Memisahkan Angka di Excel

Cara Mengatur Format Tampilan (Layout) Pada PivotTable Excel

Cara Mengelompokkan Data (Grouping) Pada PivotTable Excel